Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wow ! masakan ikan gurame seharga Rp 1,3 juta

Wow ! masakan ikan gurame seharga Rp 1,3 juta

 

#Tantangan menulis hari ke-6#

Bagi para penikmat kuliner, sudah tidak asing lagi beragam kuliner yang berasal dari laut ( sea food ). Seafood merupakan makanan laut yang memiliki cita rasa khas dan bisa dijadikan aneka olahan lezat karena cocok untuk dipadukan dengan bumbu rempah apa saja. Sebut saja beberapa kuliner seafood khas indonesia seperti udang bakar,cumi asam manis, kepiting saus tiram dan masih banyak lagi. Banyak restoran yang menawarkan ragam kuliner tersebut.

Namun tahukah anda ? Selain beragam kuliner sea food yang berasal dari air laut, ternyata kuliner yang berasal dari air tawar terutama ikan pun menawarkan cita rasa yang tidak kalah dari kuliner air laut. Seperti dilansir dari https://resepkoki.id/kenali-perbedaan-penting-ikan-air-tawar-dan-ikan-laut/. Sama – sama terkenal kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, ikan konsumsi yang hidup di air tawar dan air laut sebenarnya memiliki beragam perbedaan. Apakah Anda sudah tahu perbedaan spesifik dari ikan air tawar dan ikan laut? Banyak orang beranggapan bahwa yang membedakan ikan laut dan air tawar hanya perihal kandungan protein dan harganya saja. Tapi apa benar hanya itu? Sebenarnya ada cukup banyak perbedaan kedua jenis ikan tersebut, apalagi karena jenis habitat keduanya juga berbeda. Selain soal gizi, hasil masakan dan cita rasanya juga berbeda, lho.

Yuk, kenali beragam perbedaan yang terdapat pada ikan air tawar dan ikan air laut. Supaya bisa lebih jeli dalam memilih sesuai kebutuhan dan selera.

1. Rasa

Meskipun ikan laut tidak menyerap sodium dari air asin yang mengelilinginya, ikan laut cenderung memiliki rasa “khas ikan” yang jauh lebih segar daripada ikan air tawar. Rasa ikan yang segar dan gurih alami ini membuat ikan laut tidak memerlukan banyak bumbu untuk membuatnya menjadi lezat. Karena itulah ikan laut sering juga disajikan mentah, seperti pada hidangan sashimi. Sebaliknya, mengolah ikan air tawar memerlukan berbagai bumbu untuk membuat aroma dan rasanya lebih kuat. Proses pengolahan dan pemilihan yang kurang tepat bisa mengakibatkan ikan air tawar berbau kurang sedap seperti lumpur. Tapi tenang, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan melumuri ikan dengan perasan jeruk nipis atau lemon sebelum dimasak.

2. Nutrisi

Ikan air tawar dan ikan laut memang sangat mirip dalam hal kandungan nutrisinya. Masing-masih jenis ikan tersebut juga memiliki kelebihan nutrisi tersendiri. Ikan air tawar lebih tinggi kalsium daripada ikan laut. Varian ikan air tawar juga cenderung mengandung lebih banyak vitamin A dan folat.

Untuk ikan laut, meski Ikan air tawar dan ikan laut sama-sama memiliki kandungan omega 3, namun Ikan laut memiliki omega 3 yang lebih tinggi. Ikan laut juga memiliki kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi, sehingga baik untuk perkembangan janin dan juga nutrisi otak. Ikan salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan folat, omega 3, dan DHA yang baik untuk ibu hamil dan anak-anak.

Namun, ada juga beberapa ikan air tawar yang kandungan omega 3 dan 6-nya tinggi, seperti ikan patin. Selain itu, ikan gabus dan belut juga tak kalah bagus karena mengandung globulin untuk pembentukan antibodi.

3. Struktur Duri

Belah ikan dan lihat durinya, Anda mungkin akan melihat perbedaan pada struktur duri ikan laut dan ikan air tawar. Ikan laut hidup di arus yang deras, sehingga cenderung memiliki  yang lebih besar dan kuat. Di sisi lain, ikan air tawar terbiasa hidup di arus yang tidak terlalu kencang, sehingga ikan air tawar cenderung memiliki duri yang lebih kecil.

4. Harga

Nah, yang paling mudah dilihat perbedaannya dari kedua jenis ikan ini adalah harganya. Semua orang pasti sudah tahu, kan?

Meski Indonesia merupakan Negara maritim, tetap saja harga ikan laut jauh lebih mahal dari ikan tawar. Karena itulah, ikan air tawar sering menjadi pilihan karena harganya yang murah dan nutrisinya yang juga tidak kalah.

Itulah beberapa perbedaan dari ikan laut dan ikan air tawar. Ikan apa yang jadi favorit Anda? Supaya lebih sehat dan gizinya tidak rusak, Anda bisa mengolah ikan menjadi menu-menu lezat yang tidak perlu di goreng, seperti pepes atau panggang tanpa minyak.

Walaupun dari perbedaan diatas, ikan air laut mempunyai keunggulan dari segi rasa dan nutrisi. Namun ikan air tawar tetap menempati hati para penikmat kuliner ikan air tawar dan tidak sedikit restoran yang menawarkan sajian masakan ikan tawar. Salah satu ikan air tawar di Indonesia paling populer adalah ikan gurame. Harga ikan gurame cenderung lebih mahal dan ikan air tawar jenis ini biasanya banyak disajikan di restoran. Namun harga yang dipatok sesuai dengan ukurannya yang besar dan dapat dinikmati beramai-ramai hingga 4-6 orang. Ciri fisik ikan gurame adalah bentuknya yang pipih melebar, sisik yang besar dan rapat, serta berwarna cokelat muda. Ikan gurame memiliki daging sangat padat. Durinya berukuran besar dan hanya terdapat di tengah badannya, sehingga mudah untuk memilahnya.

Salah satu resep paling populer untuk ikan ini adalah gurame asam manis, yang lengkap dengan potongan nanas dan saus tomatnya yang berlimpah. Nikmatnya tiada dua, apalagi dinikmati bersama-sama keluarga ataupun kerabat.

Namun belum lama jagad maya dihebohkan oleh berita di media sosial yang dilansir oleh TRIBUNJATENG.COM. Seorang pedagang kuliner ikan gurame menjajakan makanannya dengan harga yang tidak wajar. Pedagang tersebut dianggap ‘mengemplang’ pembelinya. Pasalnya menurut keterangan yang diunggah pemilik akun facebook Fuji E Lestari di grup Pantai Wisata Tanjung Pakis, karawang, satu porsi ikan gurame dan dua porsi nasi dipatok dengan harga Rp 350 ribu.

Tak hanya itu, akun facebook Fuji E Lestari juga menceritakan, ada temannya yang turut menjadi korban dari pedagang ikan gurame itu. Ia mengungkapkan, temannya harus membayar sebesar 1,3 juta untk membayar tiga porsi ikan gurame dan tiga porsi nasi. Akun facebook Fuji E Lestari juga mewanti-wanti supaya waspada saat membeli ikan gurame milik pedagang ikan gurame tersebut. Sementara itu, netizen di Facebook beramai-ramai menyerang akun yang diduga milik pedagang ikan gurame yang dimaksud oleh akun facebook Fuji E lestari. Ribuan netizen membanjiri kolom komentar dengan uangkapan kekecewaan.

Ikan gurame memang termasuk dalam ikan yang berharga tinggi tapi banderol jutaan rupiah untuk tiga porsi plus nasi dianggap tidak wajar. Pada bulan mei lalu, hara ikan gurame segar sekitar Rp 45 ribu hingga Rp 55 ribu per kilogram. Di sejumlah supermarket yang menyediakan ikan segar, gurame termasuk produk yang selalu tersedia. Baik yang masih hidup di kolom ataupun dalam kondisi amati atau sudah dimasak. Di beberapa pasar ikan, ada pedagang tertentu yang menyediakan ikan gurame segar.

 

Dengan menjual masakan sesuai harga  pasaran. Tidak mengemplang harga seperti yang dilakukan sebagian kecil pedagang, maka masakan ikan gurame tetap mendapat hati di hati para pencinta kuliner masakan ikan tawar. Apalagi dipelosok daerah masih banyak peternak ikan gurame.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

saya termasuk yang pilih2 maka ikan, ikan gurame termasuk ikan kesukaanku, paling mahal saya beli hanya 150.000, kalau 1,3 sepertinya sayang deh pa, kecuali untuk 40 orang boleh laah, he he he, keren

04 Jun
Balas

Hehe betul bu, terima kasih

04 Jun

Saya juga suka ikan gurami bakar pak enak dan nikmat. Semoga sukses dengan ikan bakarnya

03 Jun
Balas

Haha ,terima kasih

03 Jun

Keren

03 Jun
Balas

Terima kaish

04 Jun

Iya bu, itu kuliner kesukaan saya, masa harga sampai segitu, terima kasih sudah berkunjung

03 Jun
Balas



search

New Post