Purcahyono

Mengajar sejak tahun 2008 di SMAN 1 Pulau Tiga ,Kabupaten Natuna. Dan November 2021 mutasi ke SMKN Nusawungu Cilacap. Berusaha menulis setiap hari karena ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi kupu-kupu yang indah

Menjadi kupu-kupu yang indah

#Tantangan menulis hari ke-3#

Sudah tiga hari berlalu, umat Muslim merayakan Hari Raya idul fitri setelah sebulan penuh berpuasa. Idul Fitri sendiri memiliki makna yang berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertakwa. Hadis Rasulullah SAW yang artinya “ barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa Idul Fitri bisa berarti kembalinya kita kepada keadaan suci, atau keterbebasan kita dari segala dosa dan noda sehingga berada dalam kesucian ( fitrah).

Sebulan penuh digembleng di bulan Ramadhan, bulan yang sarat makna yang kesemuanya bermuara kepada kemenangan. Yaitu : kemenangan Muslim yang berpuasa dalam melawan hawa nafsu , egoisitas, keserakahan, dan ketidakjujuran. Sebagai bulan jihad, Ramadhan harus dimaknai dengan menunjukkan prestasi kineja dan kesalehan individu sosial.

Diibaratkan seperti metamorfosis kupu-kupu, dimulai dari telur yang di letakkan oleh kupu-kupu pada daun yang bertujuan daun tersebut dapat menjadi bahan makanan sang ulat. Hingga mencapai dewasa setelah tiba waktunya menjadi pupa atau kepompong. Dan dalam beberapa hari akan menjadi kupu-kupu baru. Kupu-kupu hidup melalui bebrapa fase yang sangat berbeda, yakni fase I adalah telur ( ovum ), fase II adalah ulat atau caterpillar ( larva ), fase III adalah kepompong ( pupa ) dan fase IV adalah inskts sebenarnya kupu-kupu (plural imagines ) yang indah.

Dari proses metamorfosis itu dapat dimaknai, dari seekor ulat yang sebagian orang melihatnya saja sudah geli kemudian berproses menjadi kepompong sekian waktu sebelum akhirnya menjadi kupu-kupu. Itulah masa penggemblengan seekor kupu-kupu dalam pertapaannya.

Dengan masa penggemblengan selama bulan suci Ramadhan, mudah-mudahan setiap Muslim dapat bermetaforsis menjadi muslim yang bertakwa memiliki kepribadian tinggi dan kepeduliaan sosial tercermin dalam keindahan akhlak seperti di ibaratkan kupu-kupu yang indah dipandang . Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin,, Semoga usai berpuasa, kita semua menjadi insan yang paripurna,,, seperti lahirnya kupu-kupu dari sebuah kepompong,,,

31 May
Balas

Aamiin, terima kasih

31 May

Aamiin, keren tulisannya pak

01 Jun
Balas

Terima kasih

01 Jun

Mantul pak

31 May
Balas

Terima kasih

31 May

Aamiin

31 May
Balas

terima kasih

31 May



search

New Post